9.1.12 Qowaidul Fiqhiyah Umum dan Sering Digunakan

Qowaidul Fiqhiyah umum dan sering digunakan        

1.  Asybah wan Nadhaair halaman 83 :

تصرف الإمام على الرعية منوط بالمصلحة

      Pelayanan/pengurusan pemerintah terhadap rakyatnya itu sesuai dengan  kemaslahatan.

2.  Qo’idah Fiqhiyah dalam Kitab Asybah wan Nadhaair halaman 62 :

درء المفاسد مقدم على جلب المصالح

       Menolak kemafsadatan itu adalah lebih utama dari pada menarik kemaslahatan. 

3.   Kitab I’anatut Thalibin juz IV halaman 26 :

لأن العبرة في العقود بقول أربابها ولا عبرة بظن لا مستند له

       Bahwa yang dapat dianggap sah dalam masalah akad adalah berdasarkan keterangan pihak yang bersangkutan, dan bukan berdasarkan dugaan yang tidak berdasar.

4.   Qo’idah Fiqhiyah :

ما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب

        Sesuatu yang tidak sempurna sebuah kewajiban kecuali dengan adanya sesuatu itu, maka hukumnya menjadi wajib pula.

5.    Qo’idah Fiqhiyah :

الأصل بقاء ما كان على ما كان

       Hukum yang terkuat adalah tetapnya apa yang telah ada atas apa yang telah ada.         

6.   Qo’idah Fiqhiyah :

الضرر يزال     

       Kemadlaratan itu harus dihilangkan.           

7.   Qo’idah Fiqhiyah :

الضرورات تبيح المحظورات

        Kemadlaratan-kemadlaratan itu membolehkan larangan.

8.    Qo’idah Fiqhiyah :

إذا اجتمع الضرر فعليكم بأخف الضررين

        Jika bertemu dua kemadlaratan maka hendaklah engkau pilih yang lebih ringan madlaratnya.

9.     Qo’idah Fiqhiyah :

البينة حجة متعدية والإقرار حجة قاصرة

           Kesaksian merupakan hujjah yang mengenai orang lain sedangkan pengakuan merupakan hujjah bagi si pemberi pengakuan sendiri. 

10.    Qo’idah Fiqhiyah :

أذا تعارض مفسدتان روعي أعظمهما ضررا بإرتكاب أخفهما

            Apabila berhadapan dua mafsadat, maka diperhatikan mana yang lebih besar madlaratnya, dengan mengerjakan yang lebih kecil madlaratnya.

11.    Qo’idah Fiqhiyah :

الأصل في المعاملات الإجابة إلا أن يدل دليل على تحريمها

             Pada dasarnya, segala bentuh muamalat boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya.

12.    Kitab Asybah wan Nadhair :

(ما خير رسول الله صعم بين أمرين إلا اختار أيسرهما ما لم يكن إثما ( رواه الشيخان عن عائشة

          Tidaklah Rasulullah saw. memilih diantara dua perkara kecuali yang lebih mudah, selama perkara itu bukan perbuatan dosa. Riwayat Al Bukhari dari Siti ‘Aisyah.

13.   Imam Nasa’i dalam kitab Sunannya terhadap kisah putusan Nabi Sulaiman AS. dalam kasus dua perempuan yang sama-sama mengakui sebagai ibu dari seorang anak, menyimpulkan menjadi tiga qaidah :

التوسع للحاكم فى ان يقول للشيء الذى لايفعله, افعل كذا ليستبين به الحق.

          Hakim (perdata / pidana) boleh aktif dalam hal menganjurkan pihak untuk melakukan sesuatu yang dia tidak melakukannya. “Berbuatlah begini, agar barang yang haq (benar) menjadi jelas”.

الحكم بخلاف مايعـترف به المحكوم عليه اذا تبين للحاكم من الحق غير ما اعترف به

        (Hakim boleh) memutuskan hukum berbeda dengan pengakuan mahkum alaihi, apabila hakim menjadi jelas tentang yang haq itu, berbeda dengan apa yang telah diakui olehnya.

نقض الحاكم ما حكم به غيره ممن هو مثله اواجل منه

      Hakim boleh merusak / membatalkan putusan hakim yang lain yang sederajat atau yang lebih tinggi darinya (maksudnya tidak sama putusan hakim tersebut dengan yang sudah-sudah).